oleh

Assesment Center Jabatan Kabag Polres Jajaran Polda Sulsel, 12 Asesi Diuji 32 Asesor

MAKASSAR – Polda Sulsel kembali menggelar Assesment Center jabatan Kabag (eselon IIIB) Polres jajaran Polda Sulsel.

Gelaran ini berlangsung selama dua hari di Gedung Assesment Center Polda Sulsel, Kamis-Jumat (13-14/6/2024).

Karo SDM Polda Sulsel yang diwakili oleh Kabag Binkar Biro SDM Polda Sulsel AKBP Santiaji Kartasasmita, S.I.K membuka secara resmi kegiatan Assessment Center ini.

AKBP Santiaji mengatakan, gelaran ini bertujuan untuk mendapatkan calon pejabat sesuai kompetensi.

Assessment Center menjadi penilaian yang terstandar guna menilai atau mengukur potensi dan prediksi keberhasilan seseorang dalam
suatu jabatan melalui beberapa simulasi / alat ukur berdasarkan
kompetensi jabatan dan dilakukan oleh beberapa asesor.

“Para asesi saya harapkan mengikuti kegiatan ini dengan serius dan sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” tutur AKBP Santiaji.

Assessment center yang digelar di Mapolda Sulsel Jalan Perintis Kemerdekaan ini, diikuti oleh 12 asesi (peserta) yang diuji oleh 32 orang Asessor.

Dari 32 asesor salah satunya Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, S.Sos., M.Si., yang ditujuk untuk memberikan penilaian terhadap calon pejabat Kabag Polres Eselon IIIB Jajaran Polda Sulsel.

Saat ditemui oleh awak media, mantan Kasubbag Renmin Satbrimob Polda Sulsel yang telah menjadi Asessor sejak tahun 2012 ini menyebutkan metode yang digunakan dalam Assessment Center.

” Untuk kegiatan asessment center kali ini kita menggunakan tiga metode atau tools yaitu CAT Psikometri , diskusi tanpa pemimpin(LGD) dan wawancara (BEI),” jelas Danyon Ichsan.

Komandan Ichsan juga mengatakan ada 5 (lima) kategori hasil Assessment Center yang akan diterima oleh para Asesi yaitu SMS ( Sangat Memenuhi Syarat), MS (Memenuhi Syarat), CMS (Cukup Memenuhi Syarat), MMS ( Masih Memenuhi Syarat), dan BMS ( Belum Memenuhi Syarat),

“Kami berharap semua peserta dapat memberikan hasil yang terbaik karena kegiatan ini juga bermanfaat untuk mengetahui sejauh mana potensi diri untuk mengemban suatu jabatan,” pungkas Danyon Ichsan.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan